Halo sobat NRđź‘‹

Bismillahirrahmanirrahim, Puji serta syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat dan hidayahnya kepada kita semua. Alhamdulillah, kami baru saja menjalankan rangkaian study tour angkatan 15 pada tanggal 22-25 Februari 2023 yang berlokasi di Yogyakarta. Walaupun terdapat beberapa kendala dalam perjalanan namun tidak menghalangi keberhasilan acara ini tercapai atas partisipasi dari para peserta study tour, guru-guru, dan semua pihak yang terlibat.

Day-1

Kami kelas 10 SMAIT Pesantren Nururrahman berangkat dari sekolah menuju destinasi pertama homestay yang ada di Desa Pentingsari, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pukul 06.30 WIB menggunakan bus pariwisata. Selama di bus kami semua sangat menikmati perjalanan, tapi kami juga tidak lupa untuk membaca Al-Ma’tsurat. Kemudian kami juga berhenti di rest area untuk melaksanakan salat jamak dan qashar sekaligus makan siang dan malam pada waktu zuhur dan pada waktu magrib.

Setelah tiba di Desa Pentingsari pukul 22.00 WIB, kami diarahkan menuju pendopo untuk check in & pembagian homestay perkelompok, pemberitahuan tata tertib selama di Desa Pentingsari sekaligus perkenalan dengan induk semang masing-masing homestay. Setelah itu, setiap kelompok meninggalkan pendopo dan dibawa oleh masing-masing induk semangnya menuju homestay untuk bersih-bersih sekaligus beristirahat.

Day-2

Diawali dengan shalat subuh berjamaah di masjid dilanjutkan dengan membaca Al-Ma’tsurat. Setelah pembacaan Al-Ma’tsurat selesai, para peserta diperkenankan untuk kembali ke masing-masing homestay untuk sarapan dan bersiap-siap untuk kegiatan selanjutnya. Kegiatan dilanjut dengan memandikan sapi, membajak sawah, dan cara menanam padi. Lalu tracking menuju sungai melewati hutan dan bebatuan selanjutnya, belajar membuat keris dari janur, menumbuk padi. Sesudah itu, peserta study tour diperbolehkan kembali menuju homestay untuk istirahat makan siang pada pukul 12.00 WIB sekaligus salat jamak qashar zuhur dan ashar secara berjamaah di masjid.

Sehabis ishoma seluruh peserta berkumpul di pendopo. Dikarenakan cuaca hujan jadi kami menunda kegiatan selanjutnya dan melompat ke kegiatan belajar membuat wayang dari suket di pendopo. Selepas membuat wayang dan hujan juga sudah berhenti kami langsung berjalan menuju rumah alat musik gamelan untuk belajar bermain alat musk tradisional gamelan, lalu berjalan ke tempat belajar membatik, tempat cara membuat jamur krispi, dan tempat budidaya kopi.

Setelah semua kegiatan selesai pada pukul 17.00 WIB, kami semua pulang ke homestay masing-masing untuk bersih-bersih. Sehabis itu kami semua pergi menuju masjid untuk sholat jamak qashar magrib dan isya. Setelah salat kami pergi ke pendopo untuk makan malam bersama, prosesi potong tumpeng, menikmati tarian yang diiringi alat musik tradisional gamelan yang sangat seru, dan penayangan review video kegiatan kami selama di Desa Pentingsari. Setelah itu, kami semuanya pulang ke homestay untuk beristirahat.

Day-3

Sholat subuh berjamaah di masjid dan dilanjutkan dengan membaca Al-Ma’tsurat. Lalu bersiap-siap untuk check out dari Desa Pentingsari untuk pergi menuju Gua Pindul. Setelah sampai di Gua Pindul, kami diarahkan untuk memakai pelampung dan mengantri untuk mengambil ban untuk river tubbing. Kami semua menyusuri sungai melewati gua yang sangat gelap dan penuh dengan kelelawar. Setelah river tubbing di Gua Pindul selesai, kami semua bersih-bersih, ganti baju, makan siang, dan salat jamak qashar zuhur dan asar.

Setelah kegiatan di Gua Pindul selesai, kami pergi menuju Heha Sky View. Kami sampai di Heha Sky View pukul 15.00 WIB kami menikmati pemandangan langit yang biru tapi, sayang sekali saat kami menikmati pemandangan hujan mengguyur Heha Sky View sehingga kami tidak bisa banyak mengambil gambar. Selepas dari Heha kami pergi menuju Wisata Belanja Pusat Oleh-Oleh Bakpia Wong Jogja. Kami sampai di sana pukul 18.00 WIB di sana kami semua membeli oleh-oleh khas Jogja yaitu Bakpia sekaligus shalat jamak qashar magrib dan isya.

Setelah itu, kami pergi menuju Wisata Belanja di Kawasan Malioboro. Kami sampai di sana pukul 20.00 WIB lalu, kami berkeliling di kawasan Malioboro sekaligus berbelanja dan berfoto-foto. Kami diberi waktu hingga pukul 22.00 WIB di waktu tersebut kami harus sudah berada di dalam bus. Kemudian kami pun beristirahat di dalam bus. Pada pukul 04.30 WIB kami berhenti di RM. Kedung Roso untuk shalat subuh berjamaah dan sarapan pagi. Sehabis sarapan kami melanjutkan perjalanan menuju Depok dan kami tiba di sekolah pukul 12.00 WIB akhirnya tour pun berakhir. Begitulah berakhirnya acara rangkaian study tour selama 4 hari yang sangat berkesan dan menyenangkan ini.