Halo sobat NR 👋🏻

Bismillahirrahmanirrahim, Puji serta syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat dan hidayahnya kepada kita semua. Alhamdulillah, kami baru saja menjalankan rangkaian study tour angkatan 16 pada tanggal 26-29 Februari 2024 yang berlokasi di Yogyakarta dengan lancar tanpa adanya kendala yang menghambat perjalanan.

Day 1

Perjalanan kami dimulai pada hari Senin 26 Februari pukul 05.30 WIB, siswa-siswi SMAIT Nururrahman Angkatan 15 dan 16 sudah mulai berkumpul di sekolah tepatnya di lapangan atas sembari menaruh barang bawaan ke dalam bis. Kegiatan pagi kami dimulai di masjid dengan melaksanakan doa bersama dan sambutan oleh pihak travel King Ichsan dan sambutan oleh Bapak Kepala Sekolah, Bapak Muharman S.E., M.Pd. Angkatan 15 dan 16 memulai pemberangkatan secara bersamaan pada pukul 06.30 WIB menuju Yogyakarta. Perjalanan menuju Yogyakarta sangat lancar, dan kami memulai pemberhentian pertama di rest area KM 57, kemudian pemberhentian kedua di Cirebon untuk makan siang dan Sholat Dzuhur di Rumah Makan Roso Echo, kemudian pemberhentian terakhir di rest area KM 429 A Semarang, Solo. Perjalanan yang sangat panjang bersamaan dengan rombongan Angkatan 15 harus berpisah di sini dikarenakan perbedaan tujuan. Angkatan 16 melanjutkan perjalanan dengan tujuan akhirnya berada di desa wisata yang terletak di kawasan panca wisata, Bejiharjo. Sesampainya di desa wisata, kami disambut dengan hidangan makan malam dan dilanjut dengan sambutan dari Kepala Desa Bejiharjo, setelah itu kami diarahkan menuju homestay untuk beristirahat.

Day 2

Hari kedua pun tiba, di mulai dengan sarapan dengan menu yang sudah disiapkan oleh warga desa setempat yaitu soto ayam dengan tempe. Kegiatan dimulai pukul 8:00, kami semua bersiap untuk menuju ke destinasi pertama yaitu membuat kreasi Wayang Sodo dan melukis caping, kami menuju ke tempat destinasi menggunakan mobil bak. Sebelum menuju ke tempat destinasinya, kami melakukan sholat Dhuha terlebih dahulu. Setelah itu kami kembali melanjutkan perjalanan menuju ke Bejiharjo Edupark. Ketika sudah sampai di lokasi kami melakukan briefing dan membuat sebuah kelompok untuk melakukan ice breaking dan membuat yel-yel. Setelah itu kami istirahat sejenak sambil memakan snack yang sudah disediakan.

Setelah istirahat, kegiatan selanjutnya berada di pendopo. Kami berkumpul di pendopo untuk diajarkan dan mempraktekan cara membuat Wayang Sodo. Setelah selesai, Wayang Sodo akan dinilai perkelompok. Lalu kami istirahat sejenak sebelum melakukan kegiatan selanjutnya yaitu melukis caping. Semua peserta melukis caping dengan kreativitas masing-masing. Caping yang selesai kami lukis dibagikan kepada warga setempat sebagai bentuk kenang-kenangan, setelah itu kami beristirahat untuk makan siang dan sholat dzuhur.

Pada pukul 13:30 WIB, kami lanjut pergi ke destinasi kedua yaitu sawah, sesampainya di destinasi kami diarahkan berkelompok untuk menanam padi, lalu setelahnya kami berkumpul di tempat menangkap ikan lele. Setelah menangkap banyak ikan lele, hasil tangkapan kami akan dihitung. Setelah semua kegiatan di area sawah selesai, kami melakukan perjalanan pulang menuju homestay untuk bersih-bersih dan istirahat.

Sekitar jam 18:00 kami diarahkan untuk pergi menuju ke pendopo untuk melakukan sholat maghrib dan isya, lalu dilanjut dengan acara terakhir pada hari itu, yaitu santunan anak yatim pada pukul 19:30. Hari kedua ini pun ditutup dengan meriahnya api unggun dan bernyanyi bersama.

Day 3

Hari ketiga pun tiba, dimulai dengan sholat subuh bersama di pendopo desa Bejiharjo. Setelah sholat subuh kami diarahkan untuk kembali ke homestay masing masing untuk bersiap sarapan dan tracking. Pada pukul 07.00 WIB kami keluar dari homestay untuk sarapan bersama dan dilanjut dengan kegiatan tracking napak tilas Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Setelah kegiatan tracking, kami diarahkan untuk bersih – bersih dan check out dari homestay desa Bejiharjo. Kegiatan penutupan di desa Bejiharjo dipimpin oleh Bapak Jibran Hanif dan oleh Kepala Desa Bejiharjo. Setelah itu, kami dimobilisasikan untuk kembali ke bus masing –

masing dan mulai berangkat pada pukul 11.00 WIB. Perjalanan menuju destinasi selanjutnya lancar, kami singgah terlebih dahulu untuk ISHOMA di Rumah Makan Orang Utan, kemudian melanjutkan perjalanan ke tempat VW tour yang berlokasi di Borobudur. Setibanya di VW tour, kegiatan kami yang seharusnya dimulai pada pukul 14.00 WIB tertunda karena adanya hujan deras dan baru dimulai pada pukul 15.30 WIB. Lalu kami memulai perjalanan explore desa wisata menggunakan mobil VW di daerah Candi Borobudur, Magelang. Kami melakukan kegiatan VW tour ini bersama dengan Angkatan 15 SMAITP Nururrahman. Di perjalanan explore, kami singgah ke beberapa tempat seperti rumah warga yang dijadikan tempat pembuatan rengginang, Ashfa Honey Bee Farm Borobudur, lalu dilanjutkan menuju Lapangan Randulan untuk sesi foto bersama. Kegiatan VW tour ini diakhiri dengan kembalinya kami ke basecamp dan mulai melanjutkan perjalanan pada pukul 17.30 WIB untuk ke tempat membeli oleh oleh dan makan malam di Resto Ibarbo.

Kegiatan terakhir kita adalah Explore Malioboro, kegiatan ini dimulai pada pukul 21.30 WIB. Kami berkeliling di sekitar kawasan Malioboro dengan tujuan berbeda setiap individunya, ada yang pergi untuk membeli oleh – oleh, ada yang bermain rumah hantu, bermain skuter listrik, dan masih banyak lagi. Pada pukul 23.30 WIB, para Siswa dan Siswi SMAITP Nururrahman sudah diwajibkan untuk kembali ke bus masing – masing karena akan melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Kota Depok.